Rabu, 23 November 2011

JSC, Pusat Pendidikan Sekaligus Wisata



Palembang:

Jakabaring Sport City (JSC) bukan hanya diproyeksikan menjadi pusat pembinaan atlet nasional dengan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Olahraga (STIO) yang nantinya dikembangkan menjadi Sports University. Tapi juga akan dikembangkan jadi lokasi wisata olahraga.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengemukakan, JSC akan jadi pusat pendidikan olahraga di bawah PB masing-masing. Selain itu, juga menjadi lokasi wisata olahraga. Fasilitas yang ada terus dikembangkan termasuk penambahan fasilitas lightside restoran.

Kami menjanjikan akan merealisasikan semua ini sama seperti ketika persiapan tuanrumah Sea Games lalu,” ujar Alex Noerdin dihadapan Menpora Andi Mallarangeng dan Ketua Umum KONI/KOI pusat yang juga Ketua Umum Inasoc SEA Games (SEAG) ke XXVI/2011 Rita Subowo, saat acara ramah-tamah seusai acara SEAG di Palembang, Rabu (23/11).

Selain menjadikan JSC sebagai pusat pembinaan atlet nasional, Alex menegaskan, Sumsel siap menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018.

Kami akan membangun dua jembatan yakni Musi III dan Musi IV. Kemudian jalan lingkar, jalan tol, jalur masuk bandara dan penambahan runway serta membangun 15 hotel berbintang,” paparnya.

Apalagi, Kata Alex, Sumsel sudah menjawab semua keraguan dan pesimistis beberapa pihak sebelum terselenggaranya SEAG dengan sebuah kesuksesan. Kritikan dan pesimistis yang terjadi jauh sebelum SEA Games sesungguhnya menjadi motifasi mereka untuk bekerja dan memberikan sesuatu yang lebih baik. “Terima kasih masyarakat Sumsel, terima kasih kepada semua yang telah berperan demi suksesnya SEA Games,” kata mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ketua Umum KONI/KOI pusat Rita Subowo mengingatkan, sesudah SEAG masih banyak yang harus dilakukan untuk kemajuan dunia olahraga di Indonesia. Rita Subowo juga memberikan restu lima kejuaraan tingkat Asia dan dunia akan digelar di Sumatera Selatan sepanjang 2012.

Kelima kejuaraan dunia itu, empat di antaranya kejuaraan voli pantai Asia Pasific yang berlangsung April 2012, kejuaraan sepatu roda Asia Pasifik (Juli 2012), kejuaraan bola voli indoor (Oktober 2012) dan kejuaraan ski air dunia (November 2012). Tidak hanya itu, Sumsel juga membidik Asian
Games 2018

Jadwal Even

Ketua Umum KONI Sumsel H Muddai Madang mengemukakan, pasca perhelatan SEA Games, areal JSC dipastikan padat oleh agenda-agenda internasional. Sejumlah pertandingan atau laga tingkat Asia dan dunia digelar di Jakabaring.

Menurut ketua Inasoc Sumsel ini, usai SEA Games banyak agenda dan hajatan level Asia dan dunia yang akan digelar pada awal Desember 2011.

Pihak KONI Sumsel mengincar menjadi tuan rumah, sebaliknya beberapa organisasi atau federasi olahraga juga mengincar Sumsel. Karena anggapan mereka tidak banyak venue berkualitas seperti di JSC.

Dikemukakannya, sejumlah agenda perhelatan akbar di Jakabaring telah menunggu. Seperti  kejuaraan voli pantai kelompok umur se-Asia Pasific, kejuaraan dunia ski air, kejuaraan dunia menembak, kejuaraan dunia sepatu roda, dan kejuaraan dunia sepak takraw.

Selain menjadi tuan rumah sejumlah agenda internasional, beberapa venue dipandang layak untuk menggelar training camp, seperti misalnya venue menembak yang dipastikan menjadi tempat TC. Hal diungkapkan pelatih menembak Satlak Prima Glen CA yang menyatakan, venue menembak yang ada di Jakabaring adalah venue terbaik di tingkat Asia. Meski ada beberapa yang perlu dibenahi seperti sun screen, namun secara keseluruhan sudah sangat layak.(sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih