Rabu, 16 November 2011

Agnes Monica dan Susi Susanti di Pembukaan Sea Games XXVI


 Palembang: Dua wanita menjadi ikon opening Sea Games XXVI yang akan dihadiri langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) malam ini di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. Keduanya, Susi Susanti dan Agnes Monica.
Susi Susanti, atlet bulutangkis Indonesia yang mempersembahkan emas tunggal wanita Olimpiade Barcelona  1992.
Istri Alan Budi Kesuma ini mengakiri kariernya sejak 1997, bertepatan dengan kehamilan anak pertama. Sosoknya  kembali mencuat ketika  PB PBSI menunjuknya menjadi manajer Tim Uber Indonesia.


Prestasi wanita kelahiran Tasikmalaya, 11 Februari 1971 ini sangat melegenda di peta persaingan tunggal wanita. Di turnamen All England, Susi empat kali tampil di podium juara tungal wanita edisi 1990, 1991, 1993, dan 1994.


Dipembukaan nanti malam, Susi mendapat kehormatan menyalakan api obor di kaldron dengan melemparkan tombak berapi. Sebelumnya, dia ‘terbang’ digantung menggunakan sling baja di ketinggian sekitar 20 meter dari layar perahu Sriwijaya yang disiapkan di tengah lapangan stadion.  Api obor Sea Games yang sebelumnya dikirab keliling Indonesia dan juga keliling Sumsel ini, tiba di Benteng Kuto Besak (BKB) sekitar pukul 18.00 WIB. Lalu dinyalakan di tempat yang telah disiapan.
Gladiresik yang dilakukan semalam, api obor ini dibawa ke dalam lapangan oleh Abas Akbar,  pesilat asal Sumsel bersama Nur Futriyana, atlet panahan. Keduanya disambut Purnomo, atlet pelari, dan Nanik J Soewaji, perenang yang kemudian menyerahkan secara estafet kepada Allan Budi Kesumah, pebulutungkis, dan Yayuk Basuki, petenis.
Selanjutnya, api obor ini diterima Yayuk Basuki yang kemudian menyalakan kaldron pertanda Sea Games XXVI dimulai. Tepuk tangan menggema ketika api kaldron menyala, senyum sumringah pun terlihat di wajah Presiden SBY, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Menpora Andi Malarangeng, Ketua Inasoc Pusat Rita Subowo, dan pejabat lainnya yang hadir. Seperti Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono,Menpora Andi Mallarangeng, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menkominfo Tifatul Sembiring.
Usai gladiresik,  Alan Budi Kesuma memohon doa, agar saat pembukaan nanti malam, bisa sukses seperti gladi resik. “Saya hanya bisa berdoa. Kalau ditanya takut, ya takut juga. Istri kok melakukan aksi yang tergolong berani dan beresiko. Ini kali keempat kami melakukan simulasi,” ujarnya. Sementara, Susi sendiri tampak bersemengat.

Agnes Monica
Agnes Monica, penyanyi multi talenta yang sedang naik daun, menjadi wanita kedua yang menjadi ikon. Dia akan tampil berkolaborasi dengan dua penyanyi wanita ternama Asia Tenggara. Yakni,  KC Konception asal Filipina, dan Jaklyn Victor asal Malaysia.

Menurut Helmy Yahya, dari Emporium Konvensi Indonesia—event organizer pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI,  Agnes Monica yang merupakan penyanyi muda berbakat asal Indonesia akan menyanyikan theme song SEA Games, bersama kedua penyanyi itu.


"Sesuai dengan konsep awal bahwa theme song SEA Games 'Kita Bisa' yang merupakan ciptaan Yovie Widianto dinyanyikan oleh Agnes Monica.
Selain Agnes, juga akan tampil penyanyi jebolan Indonesia Idol, yakni Judika dan Joy Tobing, dan Armada Band, yang berasal dari Palembang. Rangkaian acara akan dipandu dua pasangan MC papan atas Indonesia,yaitu Nirina Zubir-Indra Bekti serta TantowiYahya-Tia Diran.

"Konsep acaranya akan dibuat sangat spektakuler, tapi tidak bisa diungkapkan secara jelas karena sifatnya rahasia dan ingin memberikan kejutan kepada penonton," ujar Helmi pula.

Beberapa tarian yang akan ditampilkan, di antaranya Sriwijaya-The Golden Peninsula (Alex Hassim), Merajut Nusantara (Dedi Puja), dan Journey Begin Heard Of The City dan Reach Out The Dream (Hartati).

Dalam gladiresik tadi malam, tarian 'Journey Begin' akan menjadi pembuka pertunjukan dan 'Reach Out' menjadi tarian penutup.
Sedikitnya, 3.000 pelajar dari Palembang dan perwakilan kabupaten/kota se-Sumsel dilibatkan dalam tarian tersebut. Sementara, 2.000 pelajar lainnya dikutsertakan sebagai peserta defile. Gladiresik tersebut menjelma acara sesungguhnya. Hanya kembang api yang tak ditampilkan. “Karena tak mungkin dua kali kami bikin acara yang spektakuler. Malam pembukaan, satu-satunya yang spektakuler,” ujar Helmy yang sebelumnya juga sukses mengorganiser Pembukaan PON XVI tahun 2004 lalu.
Yang jelas menampilkan kembang api terbaik di dunia,yaitu Grucci.Bahkan,kru Grucci datang langsung dari New York. “Mereka mungkin mainnya lebih dari 10 menit. Dengan waktu itu bisa jadi ribuan kembang api yang ditembakkan,”tambah Helmi Yahya. (sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih