Senin, 21 November 2011

Bendera Sea Games Diserahkan ke Myanmar


Palembang, Sinar Harapan

Malam ini, Sea Games XXVI berakhir. Indonesia dipastikan menjadi juara umum, diikuti Thailand, dan Vietnam.  Kemeriahan penutupan akan ditandai penyerahan bendara Sea Games dari Indonesia kepada tuan rumah Sea Games XXVII tahun 2013, Myanmar.

Kalau pembukaan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyon, penutupan mala mini akan dihadiri Wakil Presiden Boediono. Dijadwalkan , bendera Sea Games akan diterima oleh PM Myanmar Thein Sein.

Dalam Sea Games kali ini, Myanmar berada di urutan ke-7 dengan perolehan 16 medali emas, 27 perak, dan 35 perunggu.

Ketua KONI/KOI Rita Subowo dan Menpora Andi Malarangeng akan menyampaikan  pidato singkat sebelum ditutup oleh Wapres Boediono.

Seperti halnya pada saat pembukaan, penutupan SEA Games juga akan dihadiri beberapa artis ibu kota. Bahkan artis yang bakal mengisi closing nanti lebih banyak dibanding pembukaan.

Closing SEA Games XXVI kembali menghadirkan artis ibu kota yang go internasional, Agnes Monica. Rencananya, artis cantik ini akan diiringi oleh lima dancer. Ini sedikit berbeda ketika pembukaan, dimana saat itu ia bernyanyi bersama artis pop Filipina.

"Lagunya sedikit enerjik, sesuai ddengan keberhasilan kita menjadi juara umum pada SEA Games ini," ujarnya di sela-sela latihan.

Selain Agnes, closing ceremony juga akan dihadiri Giring 'Nidji', Joy Tobing, Afgan, grup penari cilik 'Laskar Pelangi', dan band asal Sumsel, Armada.Armada akan membawakan lagu daerah, Ya Saman.

Closing ceremony ini bertemakan 'Harmony in Victory'. Tema yang sesuai dengan keberhasilan Indonesia menjadi juara umum.

Closing juga nantinya akan diisi grup vokal Bina Vokalia dan beberapa anak usia sekolah yang akan turut mengisi acara.

Closing ceremony dibagi menjadi dua bagian, yakni off-air dan on-airr. Acara off-air rencananya akan dimulai pukul 16.00 hingga menjelang maghrib.

Sehabis maghrib, tepatnya pukul 19.00, acara on-air dimulai. Adapun acara on-air akan dipandu oleh Tantowi Yahya dan Tiya Diran.

Dalam gladiresik tadi malam, artis-artis utama sudah hadir. Seperti Vokalis Nidji, Giring tampil bareng bersama Afgan dan Agnes Monica, juga Sherina dan Elo.
Sementara penyanyi dangdut yang sedang naik daun, Ayu Ting Ting, akan membawakan lima lagu pada acara pembuka atau "pre-show" upacara penutupan SEA Games XXVI, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

"Saya akan bawakan lima lagu dari albumku sendiri, tentunya `Alamat Palsu` akan dinyanyikan," kata gadis kelahiran Depok, Jawa Barat, 20 Juni 1992 ini saat ditemui di sela persiapan acara penutupan SEA Games di Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Menurut Ayu, lagu yang akan ditampilkannya sesuai dengan tema upacara penutupan, yakni salam perpisahan kepada atlet yang telah berjuang habis-habisan selama perlaksanaan SEA Games.

Selain "Alamat Palsu", ada juga "Ting-Ting", "Ya Iya Deh", "Gitu", dan "Jangan Cepat-Cepat". 

Kemudian, terakhir sebelas atlet mewakili sebelas negara peserta Sea Games akan naik ke kapal yang saat pembukaan digunakan Susi Susanti untuk ‘terbang’ menyalakan api Sea Games di Kaldron. Saat penutupan, api Sea Games akan dipadamkan dan kapal pun meninggalkan lapangan. Menggambarkan para atlet pulang ke negaranya masing-masing setelah berlaga sejak Jumat (11/11) hingga Selasa (22/11). Selamat bertemu di Sea Games XXVII, Myanmar. (sir)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih