Senin, 07 November 2011

H-3, Sea Games Belum Siap




Palembang

Gelaran Sea Games XXVI tinggal menghitung hari. H-3 opening yang bakal digelar Jumat (11/11) masih menyisakan berbagai pekerjaan yang belum final.

Kalaupun venue-venue pertandingan dinyatakan siap, belum seratus persen. Terutama untuk finishing. Seperti di Baseball dan sofball,pekerja masih sibuk menyelesaikan pembangunan.

Begitupun di venue lapangan tembak, tes even beberapa kali ditunda. Hingga hari ini, belum juga dilaksanakan.

Sementara beberapa akses jalan di dalam lokasi Jaka Baring Sport Centre juga masih banyak yang belum selesai diaspal. Masih tanah merah dan becek serta berlumpur kalau hujan. Seperti di samping venue Aquatic, jalan menuju venue tembak, dan beberapa venue lainnya.

Pengamatan di lapangan, jalan di sisi pagar yang direncanakan untuk akses di bagian depan melalui jembatan diatas sungai kecil, juga masih berlumpur.

Disangsikan kondisi ini bisa tuntas hingga hari H. Kalaupun tidak tuntas, kondisi ini memang tidak menghambat pertandingan. Hanya saja, pemandangannya saja yang kurang indah.

”Sayang, kalau even sebesar ini, kondisi di kompleknya masih amburadul,” ujar Masturi, seorang warga yang menyaksikan pekerja sedang menyelesaikan targetnya.

Media Centre dan sekretariat Inasoc yang menempati  Gedung Bank Sumsel Babel di Jaka Baring pun belum tuntas dan bisa ditempati.

Inasoc yang mestinya menempati bagian gedung ini, sementara masih berkantor di Hotel Jayakarta Daira.

Maryamah, Sekretaris Inasoc Sumatera Selatan, dikonfirmasi Selasa pagi menyatakan mestinya media centre siap hari ini.

”Namun karena ada perubahan dan permintaan, sepertinya tadi malam pembatas belum terpasang. Semuanya knock down, karena banyak permintaan tentu tidak bisa menyesuaikan secepatnya,” katanya.

Karenanya, Maryamah pun belum yakin kalau hari ini Media centre yang bakal dipergunakan para wartawan bisa tuntas dan dapat digunakan.

Bagaimana perkembangan terakhir penyelesaian media centre memang sulit untuk dapat diketahui. Untuk masuk ke lokasi pun, tidak memungkinkan karena ketatnya penjagaan. Harus mengajukan permohonan secara tertulis, baru nanti Inasoc mengeluarkan izin. Pihak Bank Sumsel tidak memperbolehkan keluar masuk secara bebas.

Terakhir, kunjunganWapres Budiono ke berbagai venue termasuk media centre dan sekretariat Inasoc tidak diketahui seperti apa. Hanya saja, Menpora Andi Malarangeng memastikan  bahwa semua nya secara umum sudah siap.

Para wartawan pun, di media centre ini hanya mendapat fasilitas tempat. Sementara untuk komputer membawa sendiri. ”Hanya disediakan tempat dan jaringan wifi. Sementara komputer, bawa sendiri,” ujar Ketua Inasoc Sumsel Muddai Madang beberapa waktu lalu.

Sumsel di KONI Sumsel menyatakan bahwa kondisi media centre yang belum bisa operasional hingga H-3 ini sangat memprihatinkan. Pengalaman ketika Palembang menjadi tuan rumah PON XVI lalu, seminggu sebelumnya media centre sudah siap dan dapat digunakan. (sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih