Selasa, 08 November 2011

H-2, Masih Ada Venue Belum Siap


H-2, Masih Ada Venue Belum Siap

Palembang:

Berbagai persoalan masih dirasakan hingga H-2 opening Sea Games yang direncanakan pada Jumat (11/11). Saat atlet-atlet dari berbagai negara peserta Sea Games sudah hadir di Sumsel, masih ada venue-venue yang belum tuntas seratus persen. Termasuk berbagai sarana-prasarana dan fasilitas lainnya.

Venue menembak belum mendapatkan sertifikasi Technical Delegates (TD) kejuaraan multievent tersebut. Akibatnya, hasil pertandingan menembak berpeluang tidak masuk race point Olimpiade 2012. Ketua Harian PB Perbakin Anthony C Sunarjo mengungkapkan, federasi menembak internasional berpotensi mengabaikan keabsahan hasil pertandingan SEA Games 2011. 

Skor akhir tidak bisa dihitung sebagai salah satu race point olimpiade. ”Venue menembak belum juga disahkan TD. Bila laga SEA Games dipaksakan, skor tidak diakui untuk olimpiade,”ungkapnya.  

Sementara pada bagian depan Jakabaring Sport Center (JSC), meski telah selesai dikerjakan, masih tampak pembenahan di lapangan sofbol dan bisbol.Saat pemain timnas sofbol mencoba lapangan, gravel dirasakan pemain terlalu tipis. 

Selain itu, rumput lapangan juga diminta untuk mundur 1 hingga 1,5 meter lagi karena terlalu dekat antara pemain jaga dengan base.“Bukan mengubah ukuran lapangan, tapi hanya dibuang rumputnya di bagian depan saja dan ditebar gravel lagi. Jadi, rasanya lebih luas,”ujar Asisten Pelatih Timnas Sofbol Putri Indonesia, Steven Pattiwael,kemarin.

Fasilitas lainnya yaitu lampu penerangan lapangan sofbol dan bisbol, hingga Rabu pagi (9/11) belum selesai didirikan. 

Dari enam tiang, saat ini baru berdiri satu tiang. Di samping faktor cuaca yang tidak mendukung, pemasangan lampu juga terhalang pekerjaan pihak lain dalam hal ini kontraktor yang masih mengerjakan pengecoran di halaman kedua venue tersebut. Akibatnya, crane yang akan mengangkat tiang-tiang lampu tersebut tidak leluasa bermanuver pada kondisi tanah yang becek yang sebagiandiantaranya barudicor.

“Kita masih mencari solusi bagaimana proses pengecoran tetap jalan,tapi crane untuk mengangkat tiang juga bisa bekerja,” tutur Pelaksana Lapangan Philips Lighting Taufan Heriyadi.


Sementara itu, beberapa venue lain juga masih melakukan persiapan akhir jelang digunakan. Seperti yang terlihat di Jakabaring Atletik Stadium, panpel masih disibukkan dengan pemasangan alat perlombaan seperti matras untuk lompat tinggi galah. Bukan hanya itu, dari empat lampu penerangan yang akan dipasang, hingga kemarin baru dua yang selesai dikerjakan. 

“Kami upayakan secepat mungkin pemasangan peralatan pertandingan selesai,” ujar Ketua Panpel Atletik SEA Games XXVI/2011, Sri Hastuti Merdiko.


Begitu pun dengan International Broadcast Centre (IBC) atau media centre, hingga H-2 juga belum operasional. Wartawan belum bisa memanfaatkan fasilitas yang menempati Gedung Bank Sumsel Babel.

Fasiltas jalan di dalam komplek ada ang belum selesai dikerjakan. Bahkan, ada yang masih berbentuk tanah merah. Terutama jalan di sisi pagar. Yang fungsinya memang untuk sekedar pemanis.(sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih