Rabu, 23 November 2011

JSC, Hanya Petugas Kebersihan yang Masih Sibuk Palembang:


Hingga H+2 pasca penutupan Sea Games XXVI kawasan Jakabaring Sport City terlihat lengang. Tak ada lagi aktivitas atlet,FUntuk mengatasi masalah kebersihan di kawasan JSC, pihaknya menambah 150 orang tenaga oficial, maupun panitia. Termasuk jurnalis.

Pemantauan, hanya para petugas kebersihan yang masih terlihat sibuk. Mereka tersebar di semua arena termasuk Wisma Atlet. Selain itu mengerahkan 5 mobil angkutan yang secara berkala mengangkut sampah dari JSC.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang Zulfikri Simin mengatakan, selama SEAG terjadi peningkatan volume sampah sebanyak 10-15 ton, meliputi kotak makanan, plastik dan botol minuman.

“Dibandingkan waktu pembukaan, jumlah penutupan ini lebih sedikit. Sebab penonton closing cenderung berkurang dibandingkan pembukaan karena sebagian atlet dan ofisial sudah berangsur-angsur pulang ke negara masing-masing,” jelasnya.

Untuk mengatasi masalah kebersihan di kawasan JSC, pihaknya menambah 150 orang tenaga kebersihan yang tersebar di semua arena termasuk Wisma Atlet. Selain itu mengerahkan 5 mobil angkutan yang secara berkala mengangkut sampah dari JSC.“Selama SEA Games kami upayakan bebas sampah. Soalnya petugas dan mobil sampah kami tambah,” tandasnya.

“Selama SEA Games kami upayakan bebas sampah. Soalnya petugas dan mobil sampah kami tambah,” tandasnya.

Sementara kondisi pengamanan tidak lagi seketat saat perhelatan SEAG digelar meski masih terlihat beberapa mobil patroli bersiaga. Pintu masuk yang biasanya dijaga ketat aparat kepolisan, kemarin hanya dijaga beberapa petugas.

Berbagai jenis kendaraan yang menggunakan bahan bakar selain gas, bebas keluar masuk kawasan go green. Bahkan alat detector yang biasanya terpasang di depan pintu arena tidak terlihat lagi. Mobil angkutan gratis yang disediakan panitia penyelenggara Inasoc juga terlihat berjejer di depan gerbang komplek JSC. Tak jauh berbeda dengan Media Center di Kantor Bank Sumsel Babel (BSB), yang biasanya dipenuhi para jurnalis kini terlihat sepi, hanya beberapa petugas satpam yang berjaga. (sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar dan tanggapan Anda, terima kasih